PAMEKASAN - Sumpah Pemuda merupakan momen bersejarah penting bagi Indonesia dan diperingati setiap tahunnya pada 28 Oktober. Peringatan ini ditandai dengan adanya ikrar pada isi Sumpah Pemuda, yang digagas serta disusun oleh para pemuda Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mengikuti kegiatan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ini secara daring di Aula Ratu Pamelingan Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan.
Kepala Kantor Imigrasi,Pejabat Struktural dan Segenap Pegawai mengikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda via Youtube Live
 
Para peserta upacara dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Imam Bahri didampingi oleh Kaur TU Arief Chandra, Kasubsi Yanverdokim Achmad Buhari serta Kasubsi TI Inteldakim Darwin Piandu, beserta segenap pegawai JFT dan JFU Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan. Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan, memiliki karakter, mandiri, inspiratif, mampu bertahan dan unggul dalam menghendaki persaingan global. "Persatuan Indonesia yang telah dilakukan sejak 93 tahun yang lalu merupakan bukti komitmen pemuda menuju kedaulatan tanah air menuju satu bangsa, satu tanah air dan satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.", katanya.
 
Dikutip dari Detik.com, Presiden Joko Widodo menyampaikan, sumpah dan tekad yang diucapkan para pemuda-pemudi Indonesia pada 93 tahun lalu hingga kini masih menggema. Suara itu, kata dia, masih sama dan sejalan dengan arus zaman sekarang. "Sumpah dan tekad yang diucapkan dengan lantang pada 93 tahun lampau oleh pemuda-pemudi Indonesia, masih menggema dengan suara yang sama dan sejalan dengan arus zaman sekarang," kata Presiden Joko Widodo. Presiden melanjutkan, persatuan dan kemajemukan bangsa menjadi modal bagi Indonesia. Modal untuk melalui berbagai tantangan yang menghadang. (AR)