LAYANAN OSS

Inovasi serasa tiada henti di Imigrasi Indonesia. Awal tahun ini, Direktorat Jenderal Imigrasi menerapkan Sistem Pelayanan Paspor Terpadu (SPPT) - One Stop Service (OSS). Pada Kantor Imigrasi Pamekasan, launching pelayanan ini pada tanggal 29 September 2014.
 
OSS adalah sistem baru permohonan paspor yang prosesnya dinilai cukup ideal diterapkan. Sistem ini menyederhanakan proses. Permohonan paspor tidak lagi perlu antri berkali-kali.
 
Pada sistem sebelumnya, pemohon paspor datang 3 (tiga) kali dalam proses permohonan, yaitu: 1. Untuk Penyerahan Berkas, 2. Untuk foto dan wawancara, 3. Untuk pengambilan paspor.  
 
Dengan OSS, pemohon kini hanya datang sebanyak 2 (dua) kali saja, yaitu: 1. saat memasukkan permohonan yang langsung melakukan pengambilan foto dan sidik jari (data biometrik) serta wawancara, 2. saat pengambilan paspor selesai. Selain menyederhanakan proses, OSS dinilai juga cukup efisen karena memangkas waktu permohonan.
 
Intinya, dengan sistem OSS yang berbasis Teknologi Informasi, diharapkan pelayanan permohonan paspor menjadi lebih aman, mudah, transparan, serta memberikan kepastian jadwal.
Image
Image