JAKARTA - Menkumham, Yasonna H. Laoly mengajak seluruh masyarakat yang kreatif dan inovatif untuk terus mengembangkan potensi kekayaan intelektual (KI), baik yang bersifat pribadi dan komunal, sebab perkembangan teknologi sudah eksponensial. Saat menyapa komunitas dan pelaku UMKM di kegiatan Yasonna Mendengar, menkumham mengatakan pelindungan KI atas karya dan inovasi tdk hanya dapat meningkatkan harga dari produk yang kita jual, tetapi KI-nya jg bisa dijadikan jaminan fidusia.

Peraturan KI sebagai jaminan fidusia telah diteken Presiden Joko Widodo dalam PP RI Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif pada 12 Juli, yg mengatur skema pembiayaan melalui lembaga keuangan bank maupun non-bank. Kota Jakarta dipilih menjadi kota keempat sekaligus penutup rangkaian kegiatan Yasonna Mendengar yang telah digelar di tiga kota sebelumnya, yaitu Medan, Solo, dan Makassar selama tahun 2022.

Melalui kegiatan ini, Kementerian Hukum dan HAM RI berharap pintu komunikasi antara pemerintah dengan para pemangku kepentingan dan masyarakat dalam hal pemanfaatan sistem KI di wilayah terbuka lebih lebar. Pemerintah jg memberikan kemudahan kpd masyarakat yg ingin melindungi KI. @djki_indonesia tlh meluncurkan Persetujuan Otomatis Pencatatan Hak Cipta (POP HC) yg mempercepat proses pencatatan hak cipta hanya dalam waktu kurang dari 10 menit.

Berkat POP HC, pencatatan hak cipta naik menjadi lebih dari 91 ribu hanya dalam setahun. Ini peningkatan dahsyat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 58 ribuan. Selain POP HC, DJKI juga meluncurkan Persetujuan Otomatis Perpanjangan Merek (POP Merek) pada 29 Oktober 2022 di Bali. Pembaruan sistem ini mampu memangkas proses perpanjangan merek dalam waktu 10 menit saja secara online.

POP Merek adalah bentuk dukungan DJKI untuk program One Village One Brand dan untuk merek-merek UMKM di daerah. DJKI nantinya akan bekerja sama dengan para pemerintah daerah untuk mewujudkan hal ini. (Humas Biro Hukerma Kementerian Hukum dan HAM RI)
 
   
 
   
 
Menkumham Yasonna Mendengar Jakarta (dok Humas Biro Hukerma Kemenkumham RI)