PAMEKASAN - Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan Imam Bahri bertekad untuk meraih target kenaikan kelas pada tahun ini. Untuk dapat meraih target tersebut, salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah peningkatan kualitas pelayanan dan peningkatan kedisiplinan oleh seluruh pegawai, dari PPNPN, JFT, JFU, Pejabat Struktural hingga Kepala Kantor sebagai pucuk pimpinan. Hal itu ditegaskan kembali oleh pimpinan unit pelaksana teknis di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur ini pada Kamis (27/10/2022).

Kepala Kantor Imigrasi Imam Bahri

 

Lebih lanjut, pria kelahiran 1972 ini meminta kepada seluruh pegawai untuk menerapkan protokol kesehatan serta tetap menjaga profesionalisme saat menjalani tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat meski di tengah pandemi. Salah satunya, menurutnya, adalah dengan mengoptimalkan inovasi yang sudah ada. "Inovasi yang sudah ada ini masih perlu untuk dioptimalkan. Publikasi terhadap inovasi itu perlu," katanya. Imam merasa bahwa penerapan inovasi perlu diimbangi dengan publikasi kepada masyarakat. "Tujuannya, agar masyarakat memahami bahwa akses layanan ke Kantor Imigrasi itu mudah, mulai dari tahap permohonan sampai dengan layanan informasi," tambahnya.

Sementara itu, Kasubsi Teknologi Informasi, Intelijen dan Penindakan Keimigrasian ketika dihubungi via WhatsApp mengatakan, selain melakukan optimalisasi terhadap inovasi yang ada di Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan, pihaknya juga berencana untuk melakukan migrasi server hosting dalam waktu dekat. "Sesuai instruksi dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Hukum dan HAM, kami berencana untuk melakukan migrasi server web, sehingga nantinya web kami akan memiliki alamat berekstensi .kemenkumham.go.id, dengan tetap mempertahankan inovasi dan fungsi yang ada," tuturnya.

Sekedar tambahan informasi, Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan memiliki beberapa inovasi yang telah diterapkan dalam kegiatan operasional. Inovasi tersebut terdiri atas 2 jenis, yaitu inovasi layanan dan inovasi teknologi informasi. Dalam bidang layanan, pemohon dapat memperoleh layanan permohonan Paspor tanpa harus datang ke Kantor Imigrasi, diantaranya dengan memanfaatkan layanan Paspor Simpatik (pada momen tertentu), layanan Eazy Passport, layanan Paspor IDOLA (Imigrasi Datang On The Spot di Lokasi Anda), layanan Paspor New IDAMAN (Imigrasi Datang Melayani Anda) serta layanan Si Kipas Sate Keren (Imigrasi Kirim Paspor Segera Aman Terpercaya untuk Kelompok Rentan). Dalam hal pemanfaatan teknologi informasi, pemohon dapat mengetahui status permohonan paspor dengan memanfaatkan aplikasi sosial media, aplikasi Cek Paspor Mandiri maupun aplikasi SADA INSAN (Satu Data Imigrasi untuk Pamekasan). (AR)