PAMEKASAN - Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur telah memulai untuk mengimplementasikan aturan baru tentang masa berlaku paspor baru menjadi 10 tahun pada Rabu (12/10/2022) silam. Aturan baru ini tertuang dalam Pasal 2A Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI (Permenkumham) Nomor 18 tahun 2022 yang diundangkan di Jakarta pada Kamis (29/9/2022). Sejak diterapkan, masyarakat yang menjadi pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan meningkat hingga mencapai jumlah lebih dari 100 orang tiap harinya.

Namun, bertambahnya masa berlaku paspor menjadi 10 tahun juga menimbulkan pertanyaan dari masyarakat, terutama tentang mekanisme pengurusan, berkas persyaratan hingga biaya PNBP yang harus dibayarkan. Abd Rozak, misalnya, melalui akun Google nya menanyakan mengenai biaya pengurusan paspor dengan masa berlaku 10 tahun.

 

Suasana Layanan Paspor di Kantor Imigrasi Pamekasan tadi pagi

 

Ditemui di Ruang Rapat Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan, Imam Bahri selaku Kepala Kantor mengatakan bahwa biaya masih menyesuaikan pada Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. "Secara aturan masih sama, untuk pengurusan paspor baru dan penggantian paspor biasa, biayanya sejumlah Rp 350.000,-," tutur Imam. Masyarakat dapat mengambil paspor dalam 4 hari kerja. Hal ini sesuai dengan bunyi Pasal 22 Permenkumham Nomor 18 Tahun 2022.

"Kami sangat terbuka bagi masyarakat yang ingin melakukan pengurusan paspor, baik paspor baru maupun penggantian paspor. Masyarakat tidak perlu khawatir, kami akan melayani dengan sebaik-baiknya," kata Imam melanjutkan. "Bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi dengan petugas, dapat menghubungi akun resmi media sosial kami, atau chat melalui WhatsApp ke nomor 0811-349-1902," pungkasnya. (AR)